7 Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas

Bagi Anda yang memiliki blog atau website, tentunya ingin blog atau website Anda menjadi populer, muncul di halaman pertama mesin pencari, serta mendapat trafik pengunjung yang tinggi.

Untuk mendapatkan itu semua tentu saja ada trik-trik khusus yang bisa Anda lakukan. Yang paling utama tentunya Anda harus mengetahui tentang SEO atau Search Engine Optimization dimana untuk mengoptimalkan SEO blog atau website Anda, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Salah satunya adalah mencari jasa backlink, yakni sebuah link yang dipasang di blog atau website yang nantinya akan mengarahkan ke halaman blog atau website Anda. Backlink sendiri memegang peranan yang cukup penting untuk menyukseskan blog atau website Anda karena Google akan menemukan blog atau website Anda melalui backlink tersebut.

Google selalu melakukan crawling untuk menentukan halaman yang paling relevan dengan keyword tertentu. Semakin banyak backlink yang didapatkan tentunya semakin mudah Google menemukan halaman blog atau website Anda.

Backlink yang berkualitas juga akan mendatangkan trafik ke blog atau website karena jika reputasi blog atau website Anda bagus bagi Google, maka akan muncul di halaman pertama pencarian sehingga banyak yang akan masuk ke blog atau website Anda.

Cara Mendapatkan Backlink Mudah dan Relavan

Namun membuat backlink tidak bisa asal-asalan karena backlink yang tidak berkualitas malahan akan merugikan blog atau website Anda sendiri karena ini berkaitan dengan reputasi di Google.

Semakin banyak backlink berkualitas dan relevan yang mengarah ke blog atau website Anda maka akan semakin bagus pula reputasi blog atau website Anda menurut Google. Backlink berkualitas sendiri tidak bisa didapat dengan mudah dimana Anda harus mengawali dengan membuat konten yang menarik, lengkap,unik dan solutif.

Dan untuk mendapatkan backlink berkualitas, Anda bisa menyimak strategi-strategi berikut ini:

  1. Membangun kredibilitas. Biasanya backlink berkualitas hanya bersedia memberikan backlink ke blog atau website yang berkualitas sehingga Anda perlu membangun kredibilitas blog atau website Anda terlebih dahulu.
  2. Membuat konten yang lengkap dan solutif. Konten menjadi jualan utama Anda sehingga Anda harus membuat konten yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari. Buatkan konten yang solutif sehingga setelah membaca, pembaca bisa mendapat pemecahan masalah yang dihadapinya dan mau membagikan artikel Anda ke media sosial lain atau blog dan website milik mereka.
  3. Membuat konten unik. Jika memungkinkan buatlah konten yang belum dibuat orang lain dan buatlah sudut pandang berbeda dan belum pernah diambil orang lain sehingga pembaca bisa terkesan dan mau menanamkan link ke blog atau website Anda.
  4. Membuat infografis. Alih-alih artikel panjang yang membosankan, Anda bisa membuat alternatif artikel berupa infografis karena lebih terlihat menarik, simpel, mudah dipahami dan informatif.
  5. Menggunakan tool backlink. Jika empat cara di atas disebut backlink secara natural, Anda juga bisa memanfaatkan tool khusus dari pihak ketiga, misalnya dengan Ahfers. Tool ini bisa membantu Anda menemukan blog dan website berkualitas berdasarkan keyword yang relevan dengan bisnis Anda.
  6. Menggunakan content sharing platform. Selain membagi konten di media sosial Anda juga bisa membagi konten blog atau website Anda dengan content sharing platform seperti Kompasiana, Hipwee, Kaskus, Reddit, VIVA Blog dan sebagainya. Caranya, Anda bisa menulis artikel baru yang masih relevan dengan artikel Anda dan Anda bisa meletakkan link artikel yang diinginkan.
  7. Melakukan guest blogging. Cara ini adalah membuat artikel namun Anda menerbitkannya di blog atau website orang lain namun Anda sudah meletakkan link yang mengarah ke blog atau website Anda. Pilihlah blog atau website dengan trafik tinggi agar cara ini efektif.