Apakah Perusahaan Melarang Pegawai Merokok?

Carauntukmembuat.com – Seperti yang kita tahu, merokok adalah penyebab paling banyak kematian di dunia. Tidak hanya berimbas pada kematian, namun merokok juga bisa menyiksa pelakunya secara perlahan. Meski bahaya merokok sering kali dibahas bahkan dipublikasi pada kemasan rokok itu sendiri, namun bisnis rokok seolah tidak pernah kehilangan peminat. Bahkan kini rokok sudah dalam bentuk yang beragam, termasuk rokok elektrik. Namun pertanyaannya adalah bagaimana regulasi tentang merokok itu sendiri? Apakah seseorang bisa merokok di sembarang tempat? Apakah tempat kerja termasuk tempat yang diperbolehkan untuk merokok?

Apakah Perusahaan Melarang Pegawai Merokok?

Merokok Sembarangan Membahayakan Orang-Orang

Pertanyaan demikian sering kali menjadi perbincangan. Mengingat imbasnya tidak hanya bagi para perokok aktif saja, melainkan perokok pasif yang turut tercemar udara bersih mereka karena asap rokok. Meski beberapa tempat sudah dilengkapi dengan tanda dilarang merokok, namun terkadang masih ada saja oknum membandel. Seperti meminta para distributor yang jual tanda dilarang merokok untuk memproduksi barangnya lebih banyak agar bisa dipasang disekian meter. Belum lagi soal bara yang terbang seiring dengan tiupan udara. Bila salah-salah kemudian masuk ke mata, lantas akan menjadi persoalan lanjutan. Sementara pada tempat kerja, bara rokok sangat berbahaya. Selain asapnya, hal ini juga bisa memantik percikan dan ledakan api besar. Kecelakaan yang kemudian terjadi karena seseorang merokok pada sembarang tempat bisa membahayakan dan merugikan orang-orang.

Bolehkah Merokok Di Lingkungan Kerja?

Persoalan boleh atau tidak tentang merokok masih menjadi pegangan masing-masing. Sebagian berkata boleh, sebagian masih tetap melarang. Namun dari pemerintah sendiri apakah melarang seseorang merokok? Apakah perusahaan menetapkan kebiajakan dilarang merokok di tempat kerja?

Berdasarkan UU Kesehatan Pasal 115 ayat 1 huruf f lingkungan kerja merupakan salah satu area bebas rokok atau lebih sering disebut sebagai Kawasan Bebas Rokok (KTR). Sebab akan membahayakan, merugikan dan mengganggu aktivitas orang lain di sekitarnya. Meski demikian menyediakan tempat merokok adalah sebuah kewajiban bagi tempat kerja dan tempat-tempat umum. Maka dari itu banyak yang jual tanda dilarang merokok sebab kebutuhan akan hal itu pun terbilang tinggi.

Hal ini berarti tidak semua area di tempat kerja bisa digunakan sebagai tempat merokok secara sembarang. Para perokok wajib merokok di area yang telah disediakan.

Apakah Lingkungan Kerja Melarang Pegawai Merokok?

Persoalan perusahaan yang menetapkan kebijakan tentang pelarangan merokok kembali kepada aturan masing-masing. Namun tetap, menjamin lingkungan kerja sebagai kawasan bebas rokok adalah kewajiban. Sama halnya dengan menyediakan area khusus merokok yang dilengkapi dengan tulisan atau tanda. Hal ini mudah saja dipenuhi perusahaan mengingat banyaknya yang jual tanda dilarang merokok serta biayanya yang tidak terlalu besar.

Namun di Jepang, agaknya lebih sulit dalam hal mentolerir perokok di lingkungan kerja. Ada perusahaan Jepang yang bahkan tidak ingin merekrut para pegawai yang pernah merokok. Mereka juga memberhentikan dosen perguruan tinggi dan pegawai yang merokok kecuali berjanji untuk berhenti. Lagi pula banyak yang jual tanda dilarang merokok dengan design bagus. Hal ini tidak akan mencederai desain interior yang ada, bukan?