Wajib Tahu! Ini Dia Cara Mudah Menginstal Emulator Android Nox App Player di Laptop

Cara Mudah Menginstal Emulator Android

Bermain game di layar smartphone yang relatif kecil, dirasa kurang menyenangkan dan tidak memuaskan bagi sekelompok orang. Banyak dari mereka yang memilih untuk menginstal dan memainkan game tidak melalui PC/laptop karena tidak tahu cara menggunakan Nox App Player. Padahal Nox App Player  sebagai salah satu emulator android terbaik yang bisa didapatkan secara gratis. Emulator android sendiri merupakan suatu aplikasi yang memungkinkan sistem operasi lain seperti Windows, Linux, dan MacOS dapat menjalankan aplikasi yang tadinya dibuat khusus untuk sistem operasi Android saja. Hal ini menjadikan para penggemar game android dapat memainkan berbagai game yang biasa mereka instal dari Play Store di laptop milik mereka. Permainan menjadi lebih menarik dan gambarnya pun semakin jelas karena layar laptop beberapa kali lipat lebih besar dari layar smartphone.

Cara Menggunakan Nox App Player Mulai dari Dasar

Menjalankan aplikasi android di sebuah laptop yang notabene memiliki sistem operasi berbeda bisa dilakukan dengan perantara yang dikenal dengan nama emulator android. Banyak perusahaan IT yang memproduksi jenis aplikasi tersebut, salah satu yang terkenal dan sering digunakan adalah Nox App Player. Berikut cara penggunaan Nox App Player mulai dari dasar di laptop:

1. Cek Spesifikasi Laptop

Tidak semua laptop dapat menjalankan Nox App Player dengan lancar. Spesifikasi minimal laptop yang direkomendasikan adalah memiliki RAM 2 GB, Prosesor Intel atau AMD 2.2 GHz, VGA atau kartu grafis 1GB, serta berjalan pada sistem operasi Windows 7 ke atas atau MacOS. Pengecekan spesifikasi pada Windows dapat dilakukan dengan mengakses menu Control Panel dan memilih sub menu System. Sedangkan pada MacOS, klik logo Apple kemudian pilih menu About My Mac.

2. Download Aplikasi Nox App Player di Website Resmi

Sebelum mengetahui cara penggunaan Nox App Player, hal yang perlu dilakukan adalah men-downnload file installer aplikasi tersebut. Proses download lebih baik dilakukan di website resmi pembuat aplikasi untuk mengurangi kemungkinan adanya virus yang masuk ke laptop jika aplikasi didapat dari website lain.

Baca Juga : Cara Download Game Minecraft Resmi Gratis di PC dan Android

3. Nonaktifkan Antivirus

Nox App Player merupakan aplikasi emulator android gratis yang memiliki banyak fitur menarik. Namun terkadang, Windows dan MacOs menganggapnya sebagai aplikasi yang patut dicurigai sehingga antivirus yang sudah terinstal di dalam laptop akan menghapus filenya ketika baru saja selesai di-download. Selain itu, ada kasus lain di mana file installer Nox App Player tidak terhapus, namun proses instalasi berhenti di angka 99%. Untuk mengantisipasi hal tersebut, nonaktifkan antivirus sebelum menginstal emulator.

4. Double Klik File Hasil Download untuk Mulai Menginstal Nox App Player

Cara menggunakan Nox App Player selanjutnya adalah melakukan proses intalasi. Caranya, cukup double klik file hasil download, kemudian akan muncul tampilan awal aplikasi. Centang check box yang menyatakan “I have read and accept the Nox License Agreement”, kemudian klik tombol “Install”. Tunggu beberapa saat hingga progres menunjukan angka 100% dan aplikasi Nox App Player siap untuk digunakan.

5. Buka Aplikasi dan Download Aplikasi atau Game yang Diingankan Melalui Play Store

Setelah selesai diinstal, tampilan awal aplikasi yaitu berupa logo Nox App Player yang di bawahnya terdapat tombol “Start”. Klik tombol tersebut dan aplikasi akan menunjukan tampilan yang hampir sama dengan tampilan tablet namun dengan layar yang jauh berbeda lebarnya. Lanjutkan cara menggunakan Nox app Player dengan mencari dan membuka aplikasi Play Store, kemudian download aplikasi atau game android yang ingin dimainkan di laptop dengan menggunakan akun google seperti pada smartphone.