Daftar Tempat Wisata di Jabodetabek yang Murah Meriah

JABODETABEK adalah singkatan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi yang merupakan kota-kota megapolitan di sekitar Jakarta. Karena Jakarta terlalu padat, sehingga kota-kota di sekitarnya seolah diperuntukkan untuk mengurangi kepadatan di Jakarta. Jabodetabek disebut sebagai kawasan megapolitan sebab banyaknya pusat-pusat industri yang berdiri disana. Namun apakah hanya tempat industri saja yang ada di Jabodetabek? Tentu saja tidak. Jabodetabek juga menawarkan tempat wisata yang indah dan tentunya murah meriah.

 

Tempat Wisata Sekitar Jabodetabek Yang Murah Meriah

1. Pantai Muara Beting

Pantai ini terletak di Desa Pantai Bahagia, Bekasi. Pantai ini memiliki pasir berwarna cokelat sehingga menambah keindahan. Selain itu, pantai ini juga terbilang masih asri, belum banyak pengunjung yang datang ke pantai ini, sehingga cocok sekali tempat wisata ini dijadikan salah satu alternatif Anda dalam melarikan diri dari pekerjaan kantor yang melelahkan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menikmati pantai karena lokasi pantai ini adalah tempat wisata terdekat yang dapat dicapai dari Jakarta.

Untuk memasuki pantai ini Anda tidak dipungut biaya tiket masuk, melainkan hanya parkir saja. Kecuali jika Anda ingin menyewa perahu untuk menjelajahi pantai, Anda cukup merogoh sebanyak 20.000 saja. Tempat ini merupakan tempat wisata murah meriah di Jabodetabek untuk ukuran kota megapolitan.

 

2. Agrowisata Gunung Mas

Wisata alam ini terletak di Jln. Raya Puncak, Cisarua Bogor, sekitar 87km dari Jakarta. Agrowisata ini merupakan tempat wisata yang cukup dekat dari Jabodetabek, hanya ditempuh dengan waktu 2 jam saja jika Anda menggunakan sepeda motor atau bisa cepat jikalau sewa bus pariwisata Mustika Holiday. Selain itu tempat wisata ini juga murah meriah, Anda hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar 10.000 untuk tiket masuk dan Anda akan mendapatkan pemandangan kebun teh, gunung Gede, gunung Salak, dan udara yang segar. Sangat cocok sekali untuk menghilangkan penat Anda.

 

3. Taman Bunga Wiladatika

Tempat wisata Jabodetabek taman bunga Wiladatika ini terletak di Cibubur, Depok. Taman bunga ini merupakan taman yang cukup tua, berdiri sejak tahun 1980 seluas 15 hektar. Di taman ini Anda akan menemukan banyak fasilitas berlibur, seperti perahu air, sepeda, flying fox, kolam renang, air mancur, kereta api mini, becak, gazebo dan tempat ibadah. Selain itu Anda juga disuguhkan dengan pemandangan indah berupa pohon-pohon yang rindang dan udara yang sejuk. Harga tiket masuk taman ini adalah 4.000 (khusus anggota pramuka) dan 8.000 untuk wisatawan umum.

 

4. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Tempat wisata ini terletak di Jln Sangenggo, Karawaci-Tanggerang. Sesuai dengan namanya, bendungan ini memiliki pintu yang masing-masing ukurannya adalah 10 meter. Bendungan ini dialiri oleh sungai Cisadane, sungai utama yang mengaliri provinsi Banten. Bendungan yang merentang sepanjang 125 meter ini merupakan peninggalan penjajahan Belanda yang dibangun selama 5 tahun. Selain bendungan, tempat ini diubah menjadi tempat wisata sekitar jabodetabek. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan bendungan sembari melihat segala aktifitas di sekitar sungai Cisadane.

 

5. Pulau Tidung

Pulau tidung masuk ke dalam wilayah Kepulauan Seribu, di utara Jakarta. Anda dapat mencapai pulau ini sekitar 2-3 jam menggunakan kapal Ferry dari Muara Angke. Pulau ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pulau tidung besar dan kecil. Kedua pulau ini disambungkan oleh jembatan yang sering disebut sebagai jembatan cinta oleh masyarakat lokal. Ada juga mitos yang terbangun, jika sepasang kekasih melewati jembatan ini maka hubungannya akan langgeng, jika single maka orang tersebut akan segera mendapat pasangan yang baik.

Memasuki pulau ini Anda tidak dikenakan biaya. Tapi untuk fasilitas lain seperti menyewa kapal kapasitas 60 orang Anda dapat membayar sekitar 800.000, atau diantar dengan becak motor sekitar 35.000 sekali antar.

Masih banyak tempat wisata di sekitar Jabodetabek yang murah meriah dengan tidak menghabiskan banyak waktu dan dengan fasilitas yang bagus sehingga liburan Anda terpuaskan. Anda hanya perlu menjelajah dan menggali tempat wisata lebih banyak untuk menghilangkan penat Anda.