Inilah Cara Mudah Merawat ID Card Agar Tidak Mudah Rusak atau Hilang

Infoproduksi.com – Sebagai bukti identitas seseorang sebagai bagian atau anggota suatu organisasi, maka ID card merupakan benda yang sangat penting. Bukan hanya Tali ID Card saja, ID Card itu sendiri juga perlu dirawat. Dengan demikian, identitas yang terdapat dalam ID Card bisa mudah dibaca dan dikenali.

Inilah Cara Mudah Merawat ID Card Agar Tidak Mudah Rusak atau Hilang

Terlebih lagi, bagi karyawan sebuah perusahaan. Ada kalanya ID Card juga sekaligus berfungsi sebagai kartu akses ke dalam gedung atau ruangan. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips berikut ini yang efektif dalam merawat ID Card agar bisa terus digunakan dalam waktu lama.

Menjaga Kebersihan dan Minimalisir Gesekan

Yang paling penting dalam menjaga kondisi ID Card adalah tidak terlalu sering mengalami gesekan. Sehingga ID Card tidak mudah tergores, sobek atau rusak. Oleh karena itu, pilihlah tempat penyimpanan yang paling sesuai untuk merawat ID Card. Dan segera bersihkan ID Card pada saat terkena noda atau kotoran.

Berikan Tali ID Card dan Card Holder

Kalau kamu termasuk sering mempergunakan ID Card tersebut, maka sebaiknya kamu menggunakan tambahan Tali lanyard dan Card Holder agar mudah membawanya. Kamu cukup gantungkan di leher dan pergunakan setiap saat membutuhkannya.

Pilih jenis Tali ID Card yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Baik jenis lanyard ataupun modelnya. Kamu bisa memilih yang menggunakan stopper atau tanpa stopper.  Ada juga holder dari plastik, atau dari bahan kulit.

Laminating ID Card

Melaminating ID Card adalah langkah cerdas untuk merawat ID Card agar bisa terhindar dari kotoran, cairan ataupun goresan yang merusak. Namun demikian, pastikan bahwa ID Card kamu memang aman untuk dilaminating. Karena ada beberapa jenis kartu ID Card yang sekaligus berfungsi sebagai kartu akses lift atau membuka pintu, tidak boleh dilaminating.

Simpan di Dalam Card Pocket

Kalau kamu tidak terlalu sering menggunakan ID Card, atau hanya sesekali saja menggunakannya, maka menyimpan dalam dompet kartu adalah pilihan tepat. Karena dengan demikian, kamu tidak akan meletakkan kartu sembarangan sehingga lebih mudah mencari saat sewaktu-waktu membutuhkannya.

Itulah beberapa tips dalam merawat ID Card agar senantiasa dalam kondisi prima. Untuk membutanya lebih menarik. Tentunya merawat tali ID Card juga tidak kalah penting ya!