Ketahui, Inilah Pengertian dan Tugas Seorang Webmaster

 

Webmaster merupakan seseorang dengan keahlian khusus yang bertugas untuk menganalisis dan mengawasi server website, hardware, dan juga software untuk tetap berfungsi secara normal sehingga sebuah situs website tidak mengalami gangguan sehingga perlu mainterance website karena kelebihan visitor atau penyebab lainnya.

Jadi, seorang webmaster ini wajib memiliki pengalaman di bidang pembuatan website dan juga perancangan hardware maupun software. Sebab, apabila terdapat masalah mengenai situs website, seorang webmaster tersebut dapat menangani secara tepat dan cepat.

Beberapa penyedia layanan jasa buat website tentu saja memiliki seorang webmaster untuk menganalisis dan mengawasi sebuah situs website yang dibuatnya.

Seberapa Penting Webmaster Bagi Website

Beberapa orang awam tentu saja masih belum paham betul tentang peran penting yang diemban oleh seorang webmaster. Sebab, webmaster ini adalah orang yang bekerja “dibalik layar” dari beberapa situs website ternama. Maka dari itu, inilah peran penting dari seorang webmaster. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Mengawasi server agar dapat diakses 24 jam.

Peran penting dari seorang webmaster yang pertama adalah menganalis, mengawasi, dan juga memantau server website beserta hardware maupun software dari situs website yang sebelumnya telah dibuat oleh penyedia jasa buat website sehingga situs website yang telah berhasil dibuat tersebut dapat diakses oleh visitor selama 24 jam

  • Memelihara dengan baik situs website.

Peran penting dari seorang webmaster yang kedua adalah memelihara sebuah situs website yang telah dibuat oleh penyedia jasa buat website. Ya, sebagai seorang webmaster memang dituntut untuk memiliki keahlian di bidang IT sehingga apabila terdapat masalah pada server website, maka seorang webmaster dapat dengan cepat dan tanggap untuk menanggulangi masalah pada server website tersebut.

Nah itulah beberapa tugas yang perlu dilakukan oleh webmaster agar situs website tidak terjadi masalah atau mainterance. Pastikan bahwa Anda  mempercayakan jasa buat website yang mempekerjakan seseorang yang ahli di bidang webmaster. Sebab, apabila situs website yang Anda kelola mengalami masalah maka Anda dapat meminta tolong seorang webmaster untuk menyelesaikan masalah dari situs website milik Anda.