Rahasia Pembuatan Tali Lanyard

Produksicetak.com – Mungkin sebagian dari anda sudah sangat familar dengar benda yang satu ini, apalagi jika anda adalah seorang yang bekerja kantoran atau bekerja di sebuah perusahaan. Benda ini pasti anda miliki dan setiap hari anda gunakan. Kira-kira benda apakah itu? Benda tersebut adalah tali lanyard. Tali yang biasanya digunakan untuk pelengkap atau aksesoris dari id card anda.

Fungsi utama tali ini untuk menggantungkan id card atau tanda pengenal. Bentuk dari tali ini sendiri yaitu panjang dan melingkar dimana diujungnya terdapat pengait untuk mengaitkan id card.

Terlepas dari bentuk dan funsinya, kira-kira sudahkah anda tahu rahasia pembuatan tali ini? Untuk mengetahuinya mari bersama-sama kita simak uraian dibawah ini.

Proses pembuatan tali lanyard

Proses pembuatan tali lanyard

Untuk membuat sebuah tali id card yang unik dan cantik herus melalui proses inti yang wajib dilalui yaitu :

1. Desain tali

Tahap pertama yaitu disain tali. Tentukan terlebih dahulu disain yang anda inginkan. Biasanya disain tersebut bisa berupa logo suatu perusahaan atau nama perusahaan itu sendiri. Disain ini menentukan ciri khas dari sebuah tali gantungan sehingga bisa unik dan berbeda dari tali gantungan lainnya.

2. Proses mencetak tali

Setelah disain sudah selesai dikerjakan dan sudah fix maka kita akan memasuki proses selanjutnya yaitu proses mencetak tali. Biasanya proses ini tidak memungkinkan untuk anda cetak sendiri dirumah, karena membutuhkan mesin khusus untuk mencetak tali tersebut. Anda dapat bekerjasama dengan vendor percetakan terdekat.

Metode percetakan tali ini ada bermacam-macam. Yang pertama menggunakan metode digital printing dimana metode ini menggunakan peralatan yang sangat modern. Semua dikerjakan oleh mesin yang canggih, sehingga hasilnya cukup rapi dan bagus. Yang kedua adalah metode sablon manual, di mana sablon ini menggunakan tenaga manusia untuk memproses disain ke bahan tali. Kelemahan sablon tangan yaitu tidak bisa menghasilkan warna yang full seperti metode digital printing.

Demikianlah rahasia dari proses pencetakan tali gantungan id card. Semoga dapat menambah wawasan anda.