Sering Berkutat dengan SEO? Pahami Algoritma Florida Terbaru Ini!

Penyedia berbagai jenis layanan jasa seo, baik itu jasa seo bulanan, ataupun parsial sepertinya perlu menyusun kembali pelayanan mereka. Sebabnya, pada bulan Maret 2019 kemarin Danny Sullivan, seorang teknolog di Google dan mantan kepala konten di Third Door Media mengumunkan adanya pembaharuan besar-besaran terhadap algoritma yang dimiliki oleh Google, yaitu Florida. Melalui twitternya Danny mengatakan bahwa pembaharuan yang dilakukan kali ini cukup besar dan berdampak pada tata cara mesin atau AI (Artificial Intelligence) dalam mencari apa yang diketikkan banyak orang di Google. Para ahli marketing digital menyatakan bahwa perubahan ini sebagai suatu hal yang harus terus menerus dipantau dan diawasi, karena bisnis yang mereka jalankan bertumpu pada operasionalisasi mesin pencarian seperti Google. Apalagi bila kita kaitkan dengan berbagai jenis bisnis pelayanan jasa seo di Indonesia, mereka diharuskan bahkan diwajibkan untuk siap atas perubahan.

SEO

SEO Tidak Terlalu Terpengaruh Algoritma Florida?

Sebenarnya pembaharuan algoritma florida kali ini adalah yang kedua kalinya dan tidak begitu berdampak pada sistem peraturan seo yang dikeluarkan oleh Google. Lalu mengapa secara spesifik mengatakan bahwa jasa seo bulanan tidak dipengaruhi algoritma florida? Alasannya sederhana, karena pelayanan yang diberikan dalam jasa seo bulanan mengabaikan perubahan yang cepat dalam optimasi kata kunci maupun revisi konten yang berisikan kata kunci. Apalagi algoritma florida hanya akan berdampak pada Search Engine Result Pages (SERP) yang berkaitan dengan neural matching.

Kemungkinan akan ada banyak taktik baru yang dilakukan perangseo yang tidak memanfaatkan jangka waktu panjang. Kebanyakan orang akan mulai mencari dampak dari algoritma florida yang memiliki efek pencarian sinonim dari kata-kata keyword serupa, sehingga riset kata kunci harus dilakukan secepat mungkin. Apalagi bila kata kunci dan konten yang ada diharapkan untuk berkaitan dengan situs yang diarah, maka hal ini berdampak pada semakin lebarnya arena tarung kata kunci. Kedepannya, para penyedia jasa layanan seo diharapkan untuk melihat perubahan ini dan memperhatikan variasi kata kunci, karena ini adalah tata cara dan era yang diperbarui, sekali lagi.