Tips Melakukan Perawatan Pada Lantai Vinyl

Ctweathergeeks.com – Dari tahun ke tahun, bidang desain selalu memunculkan inovasi terbarunya, salah satunya vinyl tile. Vinyl merupakan sebuah material yang dijadikan pengganti untuk lantai keramik. Vinyl ini terbuat dari sebuah material yang bernama PVC, kemudian lapisan terluarnya merupakan UV coated. Dengan adanya lapisan UV coated tersebut akan membuat permukaan lantainya tampak licin serta mengkilap. Jika kalian mengaplikasikan lantai vinyl di rumah maka akan menghadirkan nuansa kayu di ruangan.

Tips Melakukan Perawatan Pada Lantai Vinyl

5 Cara Membersihkan dan Merawat Vinyl Tile

Kandungan dasar yang terdapat pada lantai vinyl akan membuat lantai tersebut tahan air. Akan tetapi meski demikian kalian harus melakukan perawatan untuk agar dapat mempertahankan keawetannya. Selain itu vinyl juga lebih cepat rusak jika dibersihkan menggunakan cara yang kasar. Untuk itu, agar lantainya tetap bersih, terbebas dari noda dan juga awet, ada baiknya kalian mengetahui bagaimana cara untuk membersihkan lantai vinyl dengan tepat dan aman. Berikut untuk 5 contohnya:

  1. Menyapu secara rutin

Debu serta kotoran yang sulit dilihat oleh mata pasti akan mengendap dan juga menumpuk. Apabila dibiarkan terus-terusan akan menyebabkan lantai tampak kusam. Tak hanya itu, lantai pun akan timbul banyak goresan dan memperburuk penampilannya. Agar vinyl tile tetap terjaga penampilannya, maka kalian harus menyapu dengan rutin. Selain itu menyapu pun akan meminimalisir goresan yang terjadi pada permukaan lantainya.

  1. Manfaatkan vacuum cleaner

Selain membersihkan lantai menggunakan sapu, kalian juga dapat membersihkan lantai vinyl menggunakan vacuum cleaner. Sebelum mulai membersihkan menggunakan vacuum cleaner, kalian harus menyettingnya ke mode beater bar. Dengan begitu vacuum cleaner akan bekerja dengan maksimal dalam menyedot seluruh kotoran dan debu yang ada pada permukaan lantainya. Kemudian jangan lupa untuk merambah ke bagian sudut, karena biasanya bagian sudut akan lebih cepat dalam menumpuk debu dan kotoran.

  1. Pel lantai

Jika lantai vinyl sudah disapu dan disedot dengan vacuum cleaner, maka kalian harus mengepel. Proses mengepel lantai mirip dengan mengepel keramik seperti biasa. Kalian hanya perlu menggunakan air yang nantinya dicampurkan larutan pembersih lantai. Namun ada sedikit perbedaan untuk larutan pembersih yang harus digunakan. Untuk mengepel lantai vinyl maka kalian membutuhkan pembersih khusus lantai vinyl. Kemudian ketika mengepel, kalian tak boleh menumpahkan terlalu banyak air ke permukaannya, karena hal tersebut dapat mengakibatkan lantainya mudah rusak.

  1. Gunakan cuka dan baking soda

Cuka dan baking soda ini menjadi alternative terbaik yang dapat dipilih untuk membersihkan lantai vinyl. Pasalnya cuka dan baking soda dinilai sangat ampuh dalam menghilangkan warna kusam yang menempel pada lantai. Tak hanya itu, noda membandal sekali pun dapat segera menghilang jika menggunakan cuka dan baking soda. Untuk memanfaatkan cuka dan baking soda ini sangat mudah, campurkan saja kedua bahan itu dan tuangkan ke bagian lantai yang kusam. Setelah itu dapat langsung digosok hingga menghilang nodanya.

  1. Berikan alas pelindung yang berupa karpet

Agar keawetan lantai vinyl tile terjaga dalam waktu yang lama, maka kalian harus memberikan lapisan pelindung berupa karpet di bagian atasnya. Saat ini karpet lantai semakin beragam motif beserta ukurannya. Penggunaan karpet ini dinilai dapat menghindari lantai dari goresan akibat benda tertentu. Sekian tipsnya, kemudian semua tips itu tidak akan habiskan banyak biaya dan waktu. Sehingga kalian dapat melakukan itu sendiri ketika sedang ada waktu senggang.